Sabtu, 01 Agustus 2015

Beberapa Cara Mudah Agar Anda Tidak Kecanduan Menggunakan Ponsel Android



Tak sedikit alasan yang bermunculan dari penggunaan smartphone yang berlebihan. Ada yang beranggapan bahwa seringnya menggunakan smartphone disebabkan oleh alasan kerjaan seperti membuka dan membalas email, menulis di aplikasi di word pad, dan masih banyak lagi.

Ada pula yang beralasan penggunaan smartphone yang terlalu berlebih disebabkan oleh kebutuhan para penggunanya untuk membunuh waktu, seperti bermain game, membuka jejaring sosial dan masih banyak lagi. 

Sejatinya, fungsi smartphone adalah memang untuk mengakomodir segala kebutuhan dari masing-masing penggunanya. Namun, yang perlu diingat adalah bagaimana kebijakan dari penggunanya mengatur waktu yang pas agar tidak terlalu sering menggunakan smartphone dan menjadi kecanduan
.
Berdasarkan riset yang telah dilakukan tim psikolog University of Derby, kecanduan smartphone dapat mempengaruhi perkembangan psikologi karakter para penggunanya. Semakin sering smartphone digunakan, maka risiko kecanduan yang parah akan semakin meningkat. cara membuka password android, cara membuka password hp android, cara membuka password android jika lupa, tips membuka password hp android, cara buka password hp android jika lupa

Lebih lanjut, psikolog Dr. Deepika Chopra melihat bahwa penggunaan smartphone yang berlebihan ternyata juga disebabkan oleh pengaruh jejaring sosial.

Ia mengatakan, terlalu banyaknya jejaring sosial yang ada di smartphone dapat menyita waktu para penggunanya lebih banyak. Bahkan, porsi waktu pengunaan jejaring sosial lebih banyak dapat `membunuh` kehidupan sosial penggunanya di dunia nyata.

Nah, jika Anda merasakan hal tersebut pada diri Anda, mungkin sudah saatnya Anda membatasi porsi penggunaan smartphone Anda dan tidak membuat Anda menjadi kecanduan.

Kali ini, tim kami akan mengajak Anda melihat empat (4) cara mudah agar Anda tidak terikat dengan perangkat smartphone kesayangan Anda dan menjadi orang yang sociable, dengan kata lain orang yang bisa menyeimbangkan kehidupan sosial dengan `kehidupan` yang ada di jejaring sosial. Selamat mencoba!

1. Ketahui waktu pemakaian smartphone Anda

Kecanduan penggunaan smartphone tentunya berindikasi kepada kelebihan waktu yang tersita dari aktivitas harian Anda. Oleh karena itu, gunakan cara sederhana dimana Anda dapat mengetahui berapa lama waktu pemakaian smartphone Anda. merubah sinyal edge menjadi 3g, cara ganti sinyal 2g ke 3g, cara merubah sinyal edge menjadi 3g, tips ganti sinyal 2g ke 3g, cara mengganti sinyal edge menjadi 3g

Salah satunya adalah dengan mengunduh aplikasi yang dapat mendeteksi berapa lama waktu pemakaian smartphone Anda. Aplikasi tersebut hadir di kedua platform iOS dan juga Android.
Anda bisa mengunduh QualityTime untuk Android dan juga Moment untuk iOS. Kedua aplikasi ini memiliki fungsi yang sama, yakni akan memonitor waktu pemakaian smartphone Anda dan akan menginfokan berapa jam jumlah pemakaian smartphone yang Anda habiskan dalam waktu per hari.

2. Berlakukan waktu `Bebas Smartphone`

Batasi diri Anda dari `keintiman` dengan smartphone kesayangan Anda. Anda tidak akan memerlukan perangkat tersebut jika sedang berada di meja makan, kamar mandi, membaca buku atau pun menonton film.

Cobalah berlakukan waktu `Bebas Smartphone` dimana Anda benar-benar terlepas dari perangkat smartphone Anda dan berfokus ke kegiatan yang sedang dilakukan.

Caranya mudah, Anda hanya aktifkan Airplane Mode di smartphone Anda ketika Anda sedang bekerja, atau melakukan kegiatan penting lainnya. Coba lakukan hal ini selama beberapa jam dalam waktu sehari, dijamin Anda tidak akan nempel lagi dengan smartphone Anda layaknya amplop dengan perangko. mengembalikan file hilang hp android, cara mengembalikan file hilang, cara mengembalikan data hp android, tips kembalikan data hilang android, tips kembalikan data hp android

3. Jangan gunakan smartphone Anda sebagai alarm

Mungkin kebanyakan dari Anda menggunakan smartphone Anda sebagai jam weker untuk membangunkan tidur Anda di setiap pagi.

Namun, pernahkah Anda merasakan bangun tidur, mematikan alarm smartphone lalu bergegas bangun begitu saja? Sepertinya tidak. Kebanyakan para pengguna smartphone malah menghabiskan waktunya melihat jejaring sosial atau `mengotak-atik` isi smartphone-nya terlebih dahulu setelah mereka bangun mematikan alarm.

Mulai sekarang, cobalah batasi diri Anda menggunakan smartphone sebagai jam alarm. Bagaimanapun, semua cara ini dapat dilakukan dengan niat yang penuh dan sungguh-sungguh. Source: Situshandphone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar